Selasa, 03 Oktober 2017

CARA MENGATASI RASA TAKUT KEPADA HANTU/SYAITON

1. Kuntilanak konon punya rambut panjang dan suka ketawa cekikian, kalau tuyul pasti botak. Hey, bukankah rupa hantu yang menyeramkan hanyalah proyeksi dari pikiran kita sendiri?

Selanjutnya, kamu bisa meyakinkan dirimu sendiri bahwa kamu bisa menghilangkan rasa takut yang sejak kecil mungkin telah ada dalam dirimu. Berbeda dengan apa yang diperlihatkan dalam film, hantu sebenarnya tidak akan bisa menyentuhmu. Mereka semacam mahkluk astral yang keberadaannya memang pantas dipercaya. Jadi, membayangkan hantu sebagai sosok yang lebih bagus mungkin bisa sedikit membantumu mengurangi rasa takutmu.

2. Rasa takutmu bisa hilang secara perlahan. Caranya, kamu hanya perlu menghindari tempat-tempat gelap yang terkesan seram

Rasa takut terkadang timbul ketika kamu sedang berada di tempat-tempat yang gelap. Kamu tentu ingat, sejak kecil orang tua atau kakakmu pasti pernah menakut-nakutimu agar menjauhi tempat gelap karena di sanalah tempat hantu berada. Candaan macam ini bisa jadi terbawa hingga dewasa. Begitu pula, film-film horor yang kita tonton pun selalu memunculkan hantu dalam kegelapan.
Nah, cara yang paling sederhana dan bisa kamu coba adalah menghindari tempat-tempat gelap. Maksimalkan penerangan misalnya di kamar, dapur, atau kamar mandi rumahmu. Kalau kamu sering takut berjalan melewati halaman rumah saat malam hari, pastikan halaman depan atau belakang rumahmu juga cukup lampu.

3. Suasana malam tak melulu harus ditakutkan. Coba deh sesekali rasakan sensasi jalan-jalan atau gowes malam!

Malam sebenarnya tidak semenakutkan seperti yang diperlihatkan film “Insidious” atau film horor lainnya. Sering berjalan-jalan menikmati bintang dan terangnya sinar bulan secara otomatis akan mengubah persepsimu tentang malam.
Bahkan, kamu boleh dibilang jadi pihak yang paling merugi jika rasa takut menghalangimu untuk menikmati keindahan malam. Cara yang paling efektif adalah menghabiskan waktu dengan jalan-jalan atau bersepeda saat malam hari misalnya. Jika kamu terlalu takut pergi sendiri, kamu bisa mengajak temanmu untuk menemani.

4. Imajinasi akan muncul ketika sedang sendiri. Agar bayangan hantu nggak bikin bulu kudukmu berdiri, habiskan waktumu di tempat yang ramai!

Kalau kamu memang sering ketakutan ketika sedang sendirian, sebaiknya selalu datangi tempat-tempat yang ramai. Menghabiskan waktu dengan lebih banyak berkumpul dengan teman atau keluarga misalnya. Mungkin, berbagi cerita pada mereka tentang rasa takut yang kamu rasakan bisa jadi solusi untukmu.

5. Dengungkan pertanyaan ini dalam kepala: “Kenapa aku harus takut, ya? Aku kan nggak salah apa-apa sama hantunya?”

Kalau kamu memang sering ketakutan ketika sedang sendirian, sebaiknya selalu datangi tempat-tempat yang ramai. Menghabiskan waktu dengan lebih banyak berkumpul dengan teman atau keluarga misalnya. Mungkin, berbagi cerita pada mereka tentang rasa takut yang kamu rasakan bisa jadi solusi untukmu.

6. Manusia adalah makhluk yang lebih sempurna. Kenapa harus takut sama hantu yang nggak jelas wujudnya?

7. Kalau rasa takutmu tak kunjung hilang, seringlah berteriak dengan lantang: “aku nggak takut sama kalian!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar