Minggu, 30 Juli 2017

5 Hal Sepele tetapi Memunculkan Ide

Pernahkah merasa sangat buntu untuk menulis sesuatu? di saat seperti itu ide seperti hilang entah kemana. Hendak hati menangkap ide, anda sampai melakukan konsentrasi penuh untuk memikirkan apa yang perlu ditulis tetapi kepala malah makin panas dan ide juga sama sekali tidak muncul.

Ide tidak selalu ditangkap dengan konsentrasi super tinggi, semakin dipikirkan malah semakin tidak muncul, semakin dicari semakin lari. Salah besar jika melakukan fokus terhadap pikiran untuk membuahkan ide, karena ide kadang muncul dari 5 hal sepele berikut ini:

1. Menonton TV

TV seolah identik dengan tontonan ibu-ibu yang banyak orang menganggapnya tidak berkualitas. Di sisi lain sebenarnya TV adalah gudang ide. Acara yang menarik sangat banyak di TV dan jika beranggapan bahwa acara-acara TV sebagian besar tak berbobot mungkin letak kesalahannya ada pada diri anda sendiri. Setiap tayangan berita, diskusi, dan hal-hal ringan lainnya bisa anda jadikan Ide untuk menulis. Tidak usah diteorikan panjang lebar, lihat saja beberapa postingan di Kompasiana yang idenya berasal dari menonton TV.

2. Menonton Film

Dulu saya pernah menganggap bahwa menonton film adalah buang-buang waktu, tetapi tidak sekarang. Menonton film adalah salah satu kegiatan menggali ide. Banyak hal-hal baru yang diketahui setelah menonton film oleh karena setiap film tentu menampilkan hal-hal berbeda sesuai dengan settingnya. Plot cerita yang bagus dan unik menjadi sebuah nilai tambah dan siapa tahu menjadi sebuah ide untuk anda tuliskan. Tentu semua kembali lagi saringannya ada pada diri anda karena kualitas film juga tidak bagus semua, apalagi film Indonesia yang berbau horor, tidak mendidik dan asal-asalan. Contohnya beberapa hari lalu mungkin anda melihat seorang Kompasianer menulis tentang film yang sarat kritik pendidikan.

3. Membaca

Jangan ditanya lagi kalau yang ini karena para pakar menulis di Kompasiana selalu menganjurkan untuk bisa menulis harus rajin membaca. Apa yang bagus kita baca untuk memunculkan ide? semua! pokoknya yang bisa dibaca ya sikat saja. Dengan membaca bukan hanya memunculkan ide tulisan tetapi menambah kamus kata sehingga ketika menulis tidak akan ada lagi alasan kehabisan kata. Jadi rajinlah membaca (buku atau koran apa saja!)

4. Jalan-jalan

Mengurung diri untuk menangkap ide salah besar. Sempatkan sebentar diri anda untuk menjelajah lingkungan sekitar atau ke suatu tempat tertentu karena ide itu datang ketika kritis terhadap apa yang ada di sekitar. Umpamanya anda melihat jalan berlubang yang sangat lama diperbaiki maka kekesalan itu seketika berubah menjadi ide untuk dituliskan. Selain itu kegiatan-kegiatan unik yang anda saksikan saat jalan-jalan bisa langsung anda tuliskan, ide ternyata segampang itu ditemukan, mudah bukan?

5. Browsing

Jangan habiskan waktu browsing untuk sekedar membuka Facebook dan Twitter. Manfaatkan anugerah koneksi yang anda miliki untuk membaca semua berita dari penjuru dunia. Setiap jengkal daerah di dunia ini memiliki berita dan anda tinggal mengolahnya menjadi ide. Butuh riset kecil-kecilan? Om Google siap membantu karena siapa pun pasti tahu bahwa Om Google ini tahu segala hal.

Menemukan ide bukan seperti mencari barang yang hilang, karena ide itu datang bukan karena dicari tetapi dipicu untuk muncul (triggering). Selamat mencari ide untuk menulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar