Kamis, 31 Agustus 2017

Awal Mula diciptakannya GAME

Konsol Game
Game !! Masih ingatkah, kapan pertama kali anda bermain game? sepertinya hingga detik ini kalian masih terus memainkanya. Kali ini akan saya bahas sedikit mengenai awal mula game konsol ini pertama kali di temukan. Game yang kita kita kenal adalah sebuah media bermain melalui komputer atau alat-alat elektronik yang bersifat menghibur. Perkembangan teknologi yang semakin maju mendorong terciptanya berbagai macam game konsol dengan keunikanya masing-masing. Namun dibalik semua kecanggihan game saat ini pastilah ada seseorang pelopor yang menciptakanya, mari kita simak.
Tunggu sebentar, alangkah baiknya jika disiapkan kopi atau makanan ringan,karna post kali ini cukup panjang. jangan lupa siapin rokoknya juga ya sob
Game generasi pertama ( ide-ide dan penemuan game elektronik) 
Pada sekitar tahun 1952, Alexander Shafto Douglas atau Sandy, menciptakan permainan komputer grafis disaat ia mengejar gelar di kuliahnya EDSAC computer di University of Cambridge. Permainan ini di beri nama “Tic-Tac-Toe”. Dari sinilah perkembangan game mulai bermunculan.
Akhirnya di tahun 1958, William Higinbotham mampu menciptakan video game pertamanya yang diberi nama “Tennis for Two”. Termasuk analog permainan komputer interaktif, dan salah satu permainan elektronik pertama yang menggunakan tampilan grafis. Brookhaven National Laboratory menjadi tempat di mainkanya game tersebut.
Kemudian di tahun 1962, game baru tercipta. Mahasiswa bernama Steve Russell menciptakanya game komputer interaktif pertama yang di beri nama “SpaceWar”. Permainan  inilah yang dimainkan dengan menggunakan komputer. Spacewar adalah salah satu permainan video komputer digital pertama.
Sedangkan game interaktif televisi pertama kali di temukan di tahun 1966. Ditemukan oleh Ralph Baer dan permainan tersebut di beri nama Chase. Ralph baer termasuk perintis, penemu, sekaligus insinyur dan terkenal dengan sebutan “Bapak Video game”.

Pada tahun 1971, Nolan Bushnell dan Ted Dabney bekerja sama menciptakan permainan Arcade SpaceWar. ini pertama kalinya permainan arcade di buat. Dan permainan ini diberi nama Computer Space. Game dengan coin untuk sistem pengoprasian.

Di tahun 1972, Bushnell bersama Dabney mendirikan perusahan yang di beri nama “Atari“. Namun masih di tahun yang sama, pembuatan video game justru di awali oleh Ralph Baer. Ia menciptakan home video game pertama dengan nama “Magnavox Odyssey” yang prototypenya di beri nama Brown Box yang laris di pasaran. Didalamnya terdapat 16 game sehingga konsol ini tercatat menjadi game konsol pertama di dunia.

Pada tahun 1973, Tito Corporation juga ikut meramaikan dengan meluncurkan game “Elepong”, berbentuk ding dong. Atari merilis arcade Gotcha, dan Midway merilis Winner.
Tahun 1974, Nakamura Manufacturing (sekarang di kenal Namco) berkecimpung pula dalam video game setelah membeli Atari Jepang.
Barulah di tahun  1975, Atari meluncurkan video game arcade dengan nama “Pong”.  Dan ditahun yang sama game komputer pertama ikut dirilis, bernama Gunfight yang dirilis oleh Midway. Masih ditahun tersebut, rakasasa masa depan memulai usahanya dengan mendirikan Microsoft yang kelak menjadi pembuat home video game konsol di abad 20. Siapa lagi kalau bukan Bill Gates dan Paul Allen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar